Minggu, 30 Oktober 2016

Jumat, 28 Oktober 2016

Pizza Teflon Jagung


Saat saya membuat Roti Teflon yang pernah saya bagikan sebelumnya, Bapak saya meminta dibuatkan juga untuk beliau bawa ke masjid. Tapi setelah melihat saya membuat pizza untuk promo kemarin, Bapak saya lalu mengganti permintaannya. Katanya minta dibuatkan pizza saja dan permintaan tersebut baru bisa saya wujudkan kemarin.

Dadar Pisang Entrasol QuickStart

Masih ada stok pisang raja yang terakhir di rumah dan pisangnya sudah sangat matang. Akhirnya saya buat makanan praktis ekonomis lagi deh, yaitu dadar pisang.

Kali ini saya menghitung baik-baik jumlah terigu yang saya gunakan agar saya bisa membagikan resepnya di sini. Yah, walaupun hanya sebuah dadar pisang, saya berharap resepnya ada yang suka.


Kamis, 27 Oktober 2016

Peralatan Membuat Kue

Senangnya hati ini karena pesanan saya di Fawwaz OlShop sudah datang. Yeeiiyyy, akhirnya punya sendok takar, cup takar dan pisau pizza. Itu artinya harus rajin ngepizza nih, hihihi. Makasih banyak ya dinda Nury, belanja di Fawwaz Olshop memang murah meriah, praktis dan ekonomis. Andai punya banyak uang, saya beli loyang Hello Kitty, crepes maker, dan lainnya juga. Lapar mata soalnya, hehehehe.


Rabu, 26 Oktober 2016

Puding Entrasol-QS Pisang Pandan

Hai semuanya....
Meskipun kaki saya masih terasa berat terutama ketika diangkat, saya tetap mencoba untuk bebikinan di dapur. Bukannya ngeyel nggak mau istirahat, tapi seharian hanya tiduran di kamar itu rasanya sungguh sangat menyiksa. Akhirnya saya mencoba resep yang mudah-mudah saja prosesnya dan jadilah Puding Entrasol Pisang Pandan ini.


Selasa, 25 Oktober 2016

Smoothie Apel Entrasol QuickStart

Kemarin, sebelum makan siang saya membuat ini. Lagi pengen sesuatu yang beda dan kepikiran deh buat Smoothie. Kebetulan punya apel dan mangga, tapi ternyata mangganya belum terlalu matang sehingga rasanya masih asam. Jadi pakai buah apel saja.


Dadar Pisang Cokelat Entrasol-QS

Ini berbagi foto sarapan saya kemarin ya, teman-teman. Saya tidak berbagi dari kemarin karena kuota utama saya sudah habis, heheheh. Ada sih buat internetan murah, tapi di HP saya yang jadul Nokia 2330 dan itu tidak bisa dipakai untuk menulis, cocoknya untuk Facebook-an dan googling aja.


Minggu, 23 Oktober 2016

Pisang Epe' Saus Cokelat

Hari ini saya hanya berbagi foto lagi ya, teman-teman. Ini saya buat kurang lebih sejam yang lalu untuk sarapan pagi. Kebetulan sisa saus cokelat kemarin masih banyak dan saya ingin sesuatu yang baru bukan Pallu Butung Cokelat lagi. Taadaa... Jadilah Pisang Epe' Saus Cokelat ini.


Sabtu, 22 Oktober 2016

Pallu Butung Cokelat

Pallu Butung ini baru selesai saya buat beberapa menit yang lalu. Biasalah, menjelang jam 10 itu pasti lapar dan butuh camilan. Jadi, pas dapat ide buat Pallu Butung Cokelat, saya langsung masuk dapur mempersiapkan alat tempur dan jadi deh si Pallu Butung Cokelat ini.


Jumat, 21 Oktober 2016

Diet Pantang Sebulan, Bersambung!

Alhamdulillah, kemarin saya bisa kembali ke RS. Herbal Pusaka Alam untuk memperpanjang obat saya. Padahal sudah pasrah kemarin waktu Bapak saya bilang beliau tidak punya dana simpanan lagi untuk menebus obat baru. Bersyukur karena kakak saya, Adil, mendapatkan pinjaman. Saya jadi merasa sangat tidak enak karena selalu merepotkan keluarga. Ya Allah, mohon berikanlah kesembuhan secepatnya agar saya bisa jualan kue dan bisa membiayai kebutuhan saya sendiri setiap hari. Aamiin.

Yang bagian atas itu obat saya sebulan kemarin.
Yang bagian bawah obat saya sebulan ke depan.
Loh? Kok obatnya masih ada?
Hehehe.... Saya tidak bisa minum obat dalam bentuk tablet ataupun kapsul.
Jadi, saya buka dulu kapsulnya dan kalau berupa tablet, saya puyer dulu.
Hahaha.... Ketahuan deh tidak bisa minum obat. Ponakan saya saja suka ngeledek saya.
Tapi kan yang penting saya meminumnya, hihihi.

Kamis, 20 Oktober 2016

Kue Kering

Masih seputar Kue ya, teman-teman. Hari ini saya akan berbagi seputar Kue Kering. Yuk, kita simak sama-sama!

Kue Kering adalah istilah yang sering digunakan untuk menyebut kue yang bertekstur keras tapi renyah dan memiliki kadar air yang sangat rendah karena dimasak melalui proses pemanggangan atau digoreng. Kue Kering memiliki daya tahan yang cukup lama. Bahan umum yang digunakan untuk pembuatan Kue Kering di antaranya tepung beras, tepung ketan, tepung tapioka, tepung terigu maupun tepung sagu. Kue Kering yang dipanggang menggunakan oven biasanya disebut cookie.


Rabu, 19 Oktober 2016

Kue

Hari ini saya masih berbagi informasi seputar makanan ya, yaitu tentang Kue. Semoga bisa menambah pengetahuan kita semua.

Kue adalah kudapan atau makanan ringan. Kue biasanya bercita rasa manis atau ada pula yang gurih dan asin. Kue seringkali diartikan sebagai makanan ringan yang terbuat dari tepung, baik dari tepung beras, beras ketan, sagu, tapioka ataupun terigu.


Selasa, 18 Oktober 2016

Roti dan Curahan Hati

Hari ini kurang enak badan karena kecapekan banyak jalan kemarin. Pagi ke RS. Herbal Pusaka Alam untuk terapi terakhir, setelah itu bayar air di PDAM kemudian ke pasar belanja keperluan membuat Pizza. Habis Dzuhur buat Pizza setengah kilo kemudian mengantarnya sendiri naik ojek dan akhirnya saya capek sangat. 😓


Senin, 17 Oktober 2016

Bubur Sumsum

Ada yang suka makan Bubur Sumsum di sini? Atau masih ada yang belum pernah mencobanya seperti saya yang baru merasakannya bulan lalu? Nah, kali ini saya akan berbagi seputar Bubur Sumsum. Yang ingin melihat resep Bubur Sumsum tanpa santan versi saya, silakan cari resepnya di arsip blog ini!


Minggu, 16 Oktober 2016

Pizza

Teman-teman sudah pada tahu Pizza kan? Itu lho yang akhir-akhir ini sering saya posting, heheheh. Nah, kali ini saya mau berbagi pengetahuan tentang Pizza bukan resepnya.

Pizza adalah roti berbentuk bundar dan pipih yang dipanggang dan biasanya diolesi saus tomat dan diberi keju, serta beberapa tambahan makanan lainnya seperti daging, sayuran, buah, bawang bombay, jamur dan lainnya.


Sabtu, 15 Oktober 2016

Roti Teflon Isi Cokelat

Ini bukan Roti Teflon perdana saya. Sekitar Maret atau April lalu saya pernah membuatnya tiga kali menggunakan resep "Kue Pia Praktis" mba Tutty Frutty. Tapi menurut saya resep ini mengandung banyak lemak, itu sebabnya saya tidak menggunakan resep ini untuk membuat Roti Gepeng alias Pia Basah yang berubah menjadi Roti Gepeng Jadi-jadian tempo hari.


Selai Cokelat Sehat Tanpa Lemak

Selai cokelat yang saya buat Senin lalu hanya bertahan tiga hari saja. Pada suka sama selai cokelat itu terutama saya dan adik saya, Khalil. Itu sebabnya saya buat lagi kemarin untuk saya jadikan isian roti. Tapi saya ingin membuat versi yang lebih sehat tanpa kandungan lemak sedikit pun. Karena cokelat batang dan meises masih mempunyai kandungan lemak, maka pilihan saya jatuh pada resep tehninit yaitu "Selai Cokelat Rumahan Versi Gluten Free & Vegan". Terimakasih banyak teh, resep sehatnya.


Jumat, 14 Oktober 2016

Pizza Teflon Jagung Wortel

Seperti yang sudah saya katakan pada tulisan saya sebelumnya, saya itu lagi doyan pake banget sama makanan Italia yang bernama Pizza karena pizza termasuk makanan yang rendah lemak, kaya karbohidrat, ditambah lagi dengan kaya vitamin atau protein sesuai dengan topping yang kita gunakan.


Kamis, 13 Oktober 2016

Puding Entrasol-QS Pisang

Masih ada sisa pisang yang sudah sangat matang di rumah. Kemarin sudah dibuat dadar, hari ini mau dibuat apalagi ya? Aha... dibuat puding aja biar pudingnya padat, lalu saya pun siap bertempur lagi di dapur sambil berharap percobaan saya kali ini berhasil dan sesuai selera.


Rabu, 12 Oktober 2016

Dadar Pisang Lapis Cokelat

Pukul 01:57 waktu Limboro.
Terbangun gara-gara ada kucing berantem di dapur. Padahal semalam tidur jam 11 lewat. Mau tidur lagi, nanti malah bangun kesiangan dan tidak sempat posting. Ya sudah, ngetiknya sekarang aja, kalau ngantuk ya tidur lagi, hehehe.


Selasa, 11 Oktober 2016

Pizza Teflon Cokelat Pisang

Lagi doyan pizza nih, teman-teman. Jadi harap maklum bila beberapa hari terakhir dan beberapa hari ke depan, tulisan di Dapur Ima judulnya pizza melulu. Habis praktis dan ekonomis sih, enak lagi. Siapa yang nggak doyan kalau begitu? Hehehe, cari alasan ini mah.


Selai Cokelat Praktis Ekonomis

Teman-teman, saya lagi suka nih membuat makanan yang praktis ekonomis. Jadi beberapa judul tulisan saya akhir-akhir ini kebanyakan ada kata praktis ekonomisnya, heheheh. Semoga pembaca Dapur Ima tidak bosan dan menyukainya ya.


Senin, 10 Oktober 2016

Pisang Epe'

Kali ini saya tidak berbagi resep tapi berbagi foto yang saya abadikan kemarin. Soalnya kemarin hanya bikin Pisang Epe' sebagai kudapan karena di rumah kebanjiran pisang lagi.


Ragi

Ada yang suka buat roti, donat atau pizza di sini? Kalau yang lagi suka sama pizza sih saya itu mah, hehehe. Nah, bagi yang suka membuat roti dan sejenisnya, pasti sudah tahu kan apa itu ragi? Bagi yang belum tahu, mari kita simak tulisan ini dengan baik karena hari ini saya akan membahas tentang ragi.


Minggu, 09 Oktober 2016

Puding Entrasol QuickStart

Tadi tidur jam 8 lewat, lalu terbangun karena digigit nyamuk, soalnya belum pakai anti nyamuk. Saya liat jam, sudah jam 11 malam, padahal belum minum obat. Itu artinya saya harus bangun dan minum obat dulu.

Setelah minum obat, saya buka Facebook lalu Google + dan Blog. Eh... liat komentar mba Monic yang kemudian langsung saya balas. Setelah itu saya berkunjung ke blog mba Monic, baca resep terbarunya dan berkomentar, kemudian mencari balasan komentar saya di resep Seblak Macaroni, Pizza Teflon dan Roti Gepeng.


Sabtu, 08 Oktober 2016

Pizza Teflon Lembut dan Ekonomis

Kemarin bereksperimen lagi di dapur. Coba-coba membuat roti tawar dari resep pizza tempo hari "Pizza Teflon Praktis Ekonomis" dengan menggunakan metode fermentasi dari Sangjin Ko. Tapi ternyata setelah tiga kali proses fermentasi dengan total waktu satu jam, adonannya masih lengket. Khawatir nanti gagal lagi bila dilanjutkan, saya pun membuatnya jadi pizza dan hasilnya sangat memuaskan.


Jumat, 07 Oktober 2016

Roti Gepeng Jadi-jadian

Niat hati membuat roti gepeng yang juga biasa disebut pia basah, eh... hasilnya kok mirip pancake, dorayaki besar dan terang bulan. Itu sebabnya saya beri nama Roti Gepeng Jadi-jadian, hahaha.


Kamis, 06 Oktober 2016

Turingang, Bulalia & Leppani' (Cakalang, Selar & Tongkol)

Kemarin, seperti biasa ketika Mama pulang dari pasar, saya akan antusias melihat belanjaan Mama, siapa tahu ada yang layak untuk dibagikan di Dapur Ima. Ternyata benar, Mama membeli tiga jenis ikan yang salah satunya sempat membuat saya bingung tempo hari. Bingung karena tidak tahu ikan tongkol itu yang mana, sementara saya tidak boleh makan ikan tongkol dulu selama diet.


Rabu, 05 Oktober 2016

Pizza Teflon Praktis Ekonomis

Senin, dua hari yang lalu, saya kembali ke Rumah Sakit Herbal untuk mengikuti layanan terapi saya yang kedua. Hari itu yang bertugas di sana berbeda dengan bapak yang saya temui biasanya. Kata yang lagi bertugas, si bapak yang satunya lagi keluar dan beliau yang akan memberikan terapi untuk saya hari itu.


Selasa, 04 Oktober 2016

Tepung Terigu

Hai semuanya.
Yang suka buat aneka makanan sendiri atau kue-kue, pasti sudah sering membeli atau menyimpan tepung terigu di rumah sebagai bahan persediaan makanan. Jadi kalau mau buat kue, tidak harus belanja ke warung lagi. Benar tidak, teman-teman? Itu sih saya banget. Bahkan untuk membuat tulisan ini, kemarin sehabis terapi di Rumah Sakit Herbal, saya sengaja membeli beberapa bungkus terigu untuk saya ambil fotonya. Rajin banget kan? Heheheh.


Minggu, 02 Oktober 2016

Bubur Sumsum Praktis dan Ekonomis

Hari ini sebenarnya belum mau menulis lagi karena belum membuat masakan yang baru dan masih memasak makanan praktis seperti Pisang Epe' dan Bubur Sumsum. Tapi kemarin setelah membuat Bubur Sumsum untuk kali kedua, kemudian saya potret hasilnya. Waow... saya lantas memuji diri sendiri melihat hasil jepretan saya yang terlihat sangat cantik, ini cantik menurut saya loh ya, hehehe.


Sabtu, 01 Oktober 2016

Apem atau Roti/Bolu Kukus Gula Merah Tepung Beras

Selamat pagi semuanya. 😃
Selamat datang bulan Oktober.
Semoga bulan ini penuh keceriaan dan kebahagiaan, serta kita semua selalu dalam lindungan kasih Tuhan. Aamiin.

Hari ini saya bisa menulis pagi-pagi bukan subuh atau dini hari seperti beberapa hari kemarin karena saya sudah punya kuota utama lagi. Tapi harus irit, soalnya kasian kakak saya, Adil, yang tiap bulan ngirimin pulsa untuk saya. Terimakasih banyak kakakku sayang atas segalanya. Semoga makin sukses, sehat dan bahagia selalu.