Roti Gepeng Jadi-jadian

Niat hati membuat roti gepeng yang juga biasa disebut pia basah, eh... hasilnya kok mirip pancake, dorayaki besar dan terang bulan. Itu sebabnya saya beri nama Roti Gepeng Jadi-jadian, hahaha.


Awalnya mau buat roti gepeng sesuai saran mba Monic, menggunakan metode tanpa ulen Sangjin Ko. Lalu dengan percaya diri, saya melakukan banyak adaptasi dan modifikasi. Mulai dari tidak pakai susu tapi air biasa, menggunakan terigu protein sedang bukan terigu protein tinggi dicampur terigu protein rendah dan mengganti gula pasir jadi gula palm dalam jumlah yang banyak pula karena saya tidak akan mengisi rotinya, tapi menjadikannya roti manis.


Hasilnya? Gatot alias gagal total, saudara-saudara. Adonannya encer sekali bahkan setelah saya tambah waktu fermentasinya selama 30 menit, adonannya masih begitu. Aduh.... ini salahnya di mana ya? Gara-gara kepedean sih, makanya jadi begini. 😕

Yang ini mirip Dorayaki ukuran jumbo dan hangus 😀

Melihat adonan encer begitu, lebih encer dari adonan pizza yang saya buat Selasa lalu, saya pun membuatnya seperti pancake. Saat dipanggang, permukaan adonan jadi berlubang-lubang seperti adonan terang bulan. Lalu ketika saya balik, adonannya kok mirip dorayaki ya? Saya jadi tertawa sendiri melihatnya. Karena hasilnya ada dua pancake diameter 22 cm, yang satu saya biarkan polos dan satu lagi saya beri susu kental manis dan taburan keju, saya lupa oles margarin seperti saat membuat terang bulan. Tapi tak apalah, yang penting ada hiasannya biar ponakan saya suka.


Meski sedikit kecewa karena gagal membuat roti gepeng, saya tetap belajar sesuatu dari kegagalan ini. Lain kali kalau mau buat terang bulan tanpa telur dan baking soda, maka seperti inilah resepnya.


Karena saya gagal membuat roti gepeng, resepnya tidak saya tuliskan di sini. Yang penasaran dengan resepnya bisa mengunjungi www.monicsimplykitchen.com dan membuka resep "Roti Gepeng Kacang Merah Tanpa Oven".



Semoga tulisan saya hari ini bermanfaat. 😃

Komentar

  1. waduh... gagal ya.. hmmm banyak faktor neh gagalnya di mana, sudah banyak modifikasi he he he...
    nah coba mba Ima buat pakai resep asli tapi modifikasi di susu cair diganti air saja, selebihnya sama, lebih bagu lagi kalau menggunakan takaran cup juga, tapi kalau mau dikonversi ke gram, boleh disesuaikan jumlah tepungnya, intinya adonan tidak encer tapi sedikit lengket saja

    walaupun gagal, tetap semangat mba..

    roti gepeng jadi-jadian juga tetap enak kan.. bisa dimakan juga...

    BalasHapus
  2. Iya, mba. Tapi satu loyang saya yang habiskan sendiri, hihihi...

    Nah, itu dia, mba. Kepedean sih modif sana-sini, coba resepnya aja belum pernah. Hehehe
    Saya belum punya cup, mba. Belum pernah liat ada yang jual di sini. Kapan-kapan saya cari.

    Oh iya, tadi buat pizza lagi. Trus ikutin metode Sangmin Ko. Hasilnya lembut banget, mba. Ketagihan saya sama pizza ini.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

Baking Powder dan Baking Soda