Pizza Cokelat Keju

Lagi-lagi Pizza karena 3 hari ini hanya buat Pizza berhubung saya memang jualan Pizza, heheheh. Walaupun kemarin saya sudah menampilkan Pizza Cokelat Keju, tapi yang saya tampilkan kali ini lebih cantik. Makanya sayang kalau tidak ditampilkan di Dapur Ima, hihihi.


Hari kedua jualan Pizza, alhamdulillah ada pesanan lagi. Yang pesan mau mencicipi semua rasa Pizza yang saya buat sehingga ia memesan ketiganya. Jadilah saya ngepizza lagi di dapur.

Nah, karena kemarin ada seorang teman yang bertanya bagaimana caranya membuat Pizza Cokelat Keju ini, saya pun memutuskan untuk mengetik kembali resepnya. Jari pegel-pegel tak mengapa asalkan tulisan saya ini bermanfaat. Aamiin.


Berikut resepnya ya.

Pizza Cokelat Keju
Resep adonan masih dari mbak Rosi Meidina

Bahan Pizza:
1 sdt ragi
150 ml air hangat
250 g terigu protein sedang
1/2 sdt garam
1 sdm minyak goreng

Bahan Topping:
1/4 bungkus keju parut
4 - 5 sdt selai cokelat untuk olesan
3 - 4 sdt selai cokelat untuk hiasan
Saya menggunakan resep Selai Cokelat Sehat Tanpa Lemak yang sudah pernah saya tampilkan sebelumnya.


Cara Membuat:
  1. Campur ragi dan air hangat dalam sebuah gelas dan aduk rata sampai ragi larut. Diamkan sampai muncul gelembung atau buih selama 5 -10 menit.
  2. Campur terigu dan garam dalam wadah lain dan aduk rata.
  3. Tuang larutan ragi dan aduk asal rata dengan tangan.
  4. Tambahkan minyak dan uleni sampai kalis (adonan tercampur dengan baik dan tidak melengket ke dinding wadah) selama 7 - 10 menit.
  5. Bulatkan adonan, tutup dengan kain atau nampan dan diamkan selama 50 menit.
  6. Setelah 50 menit, kempiskan adonan, bagi menjadi 2 atau 3 adonan, lalu bulatkan kembali dan diamkan selama 5 menit.
  7. Siapkan teflon (saya pakai teflon diameter atas 22 cm dan adonannya saya bagi dua sehingga hasil Pizzanya tebal) lalu ambil satu adonan kemudian pipihkan di teflon sampai berbentuk lingkaran dan menutupi permukaan teflon. Bila teflon Anda sudah mulai lengket ketika digunakan, teflon bisa diolesi sedikit minyak terlebih dahulu. Setelah adonan dipipihkan, tusuk-tusuk bagian pinggir Pizza membentuk lingkaran (hal ini berfungsi untuk membuat Pizza terlihat lebih cantik) kemudian tusuk-tusuk bagian tengah adonan sampai rata.
  8. Panggang Pizza dengan api yang paling kecil selama 3 menit lalu balik Pizza dan panggang kembali selama 2 menit. Lakukan hal yang sama pada adonan berikutnya sampai selesai.
  9. Setelah agak dingin atau sudah dingin, olesi permukaan Pizza yang ditusuk garpu dengan selai cokelat, lalu taburi keju parut dan hias bagian atas keju dengan selai cokelat menggunakan plastik segitiga. Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan lainnya.
  10. Pizza Cokelat Keju yang nyoklat dan ngeju banget, siap dihidangkan.

Dari beberapa jenis topping yang pernah saya buat, yang paling banyak peminatnya adalah Pizza Cokelat Keju ini. Kalau yang pakai ikan atau jagung, ponakan saya sama sekali tidak menyukainya. Sedangkan menurut Bapak saya, yang paling enak itu yang pakai ikan dan kalau menurut saya sih enak semua karena punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, heheheh.

Demikian tulisan saya hari ini, semoga bisa memberi inspirasi dan bermanfaat bagi teman-teman pembaca Dapur Ima.

Selamat Mencoba! 😍

=========

Jumat, 4 November 2016
Pukul 02:49
Kemarin pagi, foto ini saya bagikan di grup Langsungenak. Alhamdulillah dapat sambutan positif. Ada yang mengatakan bahwa saya kreatif dan Pizza ini inovasi baru. Tapi ada juga yang kurang suka karena menganggap saya merubah sejarah Pizza.

Saya sama sekali tidak ingin merubah sejarah Pizza yang aslinya diberi saus tomat dan keju sama seperti Bolu cokelat yang kemudian disebut Brownies. Saya hanya mencoba membuat topping rasa baru menyesuaikan lidah orang di kampung saya dan ternyata banyak yang suka. Lagipula saya sudah berbagi tentang asal usul Pizza di Dapur Ima. Itu artinya saya tidak melupakan bagaimana Pizza itu sebenarnya.

Jadi pembaca Dapur Ima yang budiman, tulisan saya tentang Pizza Cokelat Keju ini sebenarnya bukan Pizza, tapi Roti Cokelat Keju berbentuk Pizza. Okey?

Komentar

  1. laris manis... semoga makin lancar ya mba..makin banyak pesanan..
    wuih ini kayaknya enak ya, coklat campur keju yummy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Makasih banyak, mbak Monic.
      Iya, mbak enak banget sampai bikin khilaf. Heheheh

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

Baking Powder dan Baking Soda