Bolu Pisang Cokelat Tanpa Telur


Beberapa hari yang lalu saya mencari-cari resep Bolu Pisang tanpa telur di Google dan bertemulah saya dengan sebuah blog bernama Amal's Kitchen: Simple & Easy Recipes.

Setelah membaca beberapa resep di sana, ternyata ini bukan kali pertama saya berkunjung ke blog yang dibuat sejak tahun 2013 ini dan sejak Oktober 2015 tidak pernah aktif lagi. Sebelumnya (sebelum aktif lagi di Dapur Ima) saya sudah pernah membaca resep "Super Fudgy Brownies a la Martha Stewart" di blog ini.

Resep Cake Pisang Cokelat Tanpa Telur yang saya baca di blog ini mirip resep Bolu Cokelat Praktis Ekonomis yang telah saya bagikan resepnya bulan lalu. Itu sebabnya saya langsung jatuh hati dan ingin segera uji coba resep ini di dapur.

Selasa lalu saya pun mencoba resep ini. Tapi setelah saya baca kembali resepnya yang sudah saya tulis di secarik kertas, saya jadi bingung. Apa benar jumlah cokelat bubuknya lebih banyak daripada jumlah gulanya? Apa tidak pahit hasilnya? Karena penasaran, saya kembali berkunjung ke blog tersebut, membaca kembali resepnya dengan lebih teliti dan membaca komentar-komentar di sana.

Dari sekian banyak komentar yang saya baca, rata-rata mengatakan rasanya enak meskipun ada juga yang bilang rasanya pahit. Ada juga komentar yang menanyakan hal yang sama dengan pertanyaan saya dan mba Amel menyarankan cokelat bubuknya boleh dikurangi atau gulanya yang ditambah.

Setelah timbang menimbang (bukan bahan kue loh ya, maksudnya pikir-pikir, heheheh), akhirnya saya pun memutuskan untuk menambah jumlah terigu, gula dan air, lalu mengurangi jumlah cokelatnya. Hhhmmmm...., modifikasi resepnya berlebihan deh dan sudah bisa ditebak hasil akhirnya, sukses bantatnya, hahahaha, tapi dari segi rasa tetap enak menurut saya.

Berhubung masih penasaran sama resep ini, kemarin saya mencobanya kembali. Masih dengan modifikasi sana-sini tapi tidak berlebihan seperti sebelumnya dan alhamdulillah hasilnya sudah pas menurut saya.


Berikut resep hasil utak-atik dari saya, bila penasaran dengan resep aslinya, silakan berkunjung ke Amal's Kitchen ya. Oh iya, buat mba Amal, terimakasih banyak ya, mba, resepnya.

Bolu Pisang Cokelat Tanpa Telur
Hasil modifikasi resep Cake Pisang Cokelat Tanpa Telur Amal's Kitchen

Yang suka resep kue tanpa telur dan tanpa mixer lainnya, resepnya ada di bawah ini ya. 😊
Brownies Praktis Ekonomis
Bolu Cokelat Praktis Ekonomis
Roti Bolu Pisang Meises
Roti Bolu Pisang Cokelat Keping

Bahan:
150 g terigu protein sedang yang sudah diayak
50 g gula pasir (bila suka manis bisa ditambah sesuai selera)
20 g cokelat bubuk
1 sdt BPDA (baking powder double acting)
1/2 sdt garam
3 sdm (45 ml) minyak goreng
100 ml air
248 g (4 buah) pisang kepok yang sudah sangat matang, haluskan dengan garpu atau bagian bawah gelas
Cokelat keping secukupnya

Cara Membuat:
  1. Siapkan loyang persegi ukuran 17 cm atau loyang bundar diameter 19 cm, olesi dengan margarin dan taburi terigu, kemudian balik dan ketuk loyang untuk mengeluarkan kelebihan terigu. Sisihkan.
  2. Dalam sebuah wadah, campur terigu, gula, cokelat, BPDA dan garam, aduk rata dengan whisk.
  3. Dalam wadah lain, campur minyak, air dan pisang, aduk rata.
  4. Masukkan campuran pisang ke campuran terigu dan aduk balik perlahan sampai rata dengan spatula.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan sebelumnya dan ratakan permukaan adonan dengan spatula.
  6. Taburi cokelat keping sesuai selera dan panggang sampai matang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya.
  7. Setelah matang, keluarkan dari loyang, dinginkan kemudian dipotong-potong sesuai selera.
  8. Bolu Pisang Cokelat Tanpa Telur siap dihidangkan.
Saya suka dengan tekstur bolu yang padat tapi bukan bantat seperti ini. Rasanya nyoklat banget dan saya suka, saya suka, heheheh.


Oh iya, adonannya memang sangat kental sehingga membutuhkan bantuan spatula untuk meratakan permukaan adonan dan bolu ini juga tidak terlalu mengembang karena saya tidak menggunakan tambahan baking soda lagi atau menambah jumlah BPDA-nya.

Semoga resep ini bermanfaat dan sesuai selera ya...
Selamat mencoba 😃

Komentar

  1. ha ha ha tetap ya... kalau ga utak atik resepnya terasa ada yang kurang...tosss ah..

    yang penting rasanya..dan bisa dinikmati dengan rasa senang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, mba. Meskipun sering gagal karena utak-atiknya terjun bebas, tetap aja ngak kapok. Hehehe....
      Toss dulu, mba.

      Hapus
  2. Ya bener tu mba2...klo utak atik kan bs di sesuaikan sm selera. Aq jg suka ubah resep sesuai selera hehe...

    Rini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ternyata mba Rini juga sama. Toss juga ahh sama mba Rini. Heheheh

      Hapus
  3. Hai mbak, salam kenal

    Wah bisa dicoba nih resepnya mbak, ada saran nggak mbak supaya nggak bantat hehehe..

    Beberapa hari yang lalu kebetulan saya juga sempat bikin bolu pisang, tapi bedanya saya pakai telur dan tanpa cokelat..lihat resep di blog mbak jadi pengen nyobain juga resep yang tanpa telurnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Noriko, salam kenal kembali mba.
      Terimakasih telah berkunjung ke Dapur Ima dan meninggalkan komentar manisnya.

      Iya, mba, silakan dicoba.
      Bolu Pisang Cokelat ini teksturnya padat ya, mba bukan bantat. Tapi kalo Mba suka tekstur yang lebih ringan dan mengembang, bisa ditambahin baking soda 1/2 sdt.

      Menurut beberapa resep yang saya baca, bila tidak menggunakan telur, penggantinya ya baking powder dan baking soda. Tapi saya juga tidak mau memakai pengembang terlalu banyak, agak ngeri gimana gitu, mba. Kan bahan kimia, heheheh....
      Tapi semua kembali kepada individu masing-masing.

      Semoga jawaban saya membantu ya, mba Norika.

      Sukses selalu.

      Hapus
    2. Oh iya, mba Noriko.
      Bila ingin mencari resep Eggless Banana, silakan mencari resepnya di Dapur Manis, blognya mba Rina Audie. Di sana ada banyak resep Eggless Banana, mba.

      Hapus
    3. Ooh ilmu baru ini pengganti telur bs dengan baking powder atau baking soda..hehe maklum baru suka masuk dapur jadi baru tau yang beginian >_<
      terima kasih masukan nya ya mbak..nanti saya juga coba mampir juga ke blog mbak rina audie..
      sukses mbak

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

Baking Powder dan Baking Soda