Bubur Manado


Sabtu kemarin pesanan kue hanya satu. Asyik..., bisa bebikinan lagi nih di dapur. Soalnya sudah lama saya ingin membuat Bubur Manado yang resepnya saya lihat di blog kesayangan saya MSK alias Monic's Simply Kitchen dan alhamdulillah bisa saya praktekkan Sabtu kemarin. Terimakasih mba Monic, resepnya benar-benar praktis dan saya suka.

Bubur Manado atau Tinutuan adalah makanan khas suku Minahasa, Manado, Sulawesi Utara. Bubur Manado merupakan makanan yang disajikan untuk sarapan pagi, terbuat dari beras dan campuran berbagai macam sayuran, seperti labu kuning, bayam, kangkung, jagung, daun gedi dan kemangi. Bubur Manado biasanya disajikan dengan tambahan ikan asin dan sambal.


Saya berkenalan dengan Bubur Manado ketika saya tinggal di Soroako yang kebetulan penduduknya banyak yang berasal dari Manado. Saya juga biasa membeli Bubur Manado yang dijual oleh Oma asal Manado di kantin SMA YPS karena tempat saya bekerja satu lingkungan dengan SMA dan TK YPS. Bubur Manado yang Oma buat rasanya sungguh lezat, apalagi ada tambahan ubi jalarnya juga. Hhhmmm...., jadi kangen Oma, Bubur Manado dan kue-kue buatannya. Semoga Oma sehat dan bahagia selalu di sana

Bubur Manado yang saya buat ini tanpa tambahan bahan pelengkapnya, yaitu ikan asin dan sambal karena saya memang sukanya seperti itu. Saya bahkan sering menyingkirkan kangkung atau bayamnya ke pinggir piring karena saya memang tidak suka makan sayuran hijau, heheheh.

Maafkan fotonya yang itu-itu aja. Saya mati gaya dan tidak sempat menyiapkan ini-itu untuk keperluan foto, soalnya sudah tidak sabar ingin menyicipi Bubur Manado buatan sendiri, heheheh

Bagi teman-teman yang ingin mencoba membuat Bubur Manado ini di rumah, silakan berkunjung ke Monic's Simply Kitchen untuk melihat resepnya yang berjudul Bubur Manado Praktis.

Semoga bermanfaat. 😃

Sumber:
Tinutuan (Bubur Manado) - Wikipedia Indonesia

Komentar

  1. ah bubur manadonya menggoda, jadi pengen makan bubur manado lagi..

    jadi masih juga ga dimakan neh sayuran hijaunya he he he..kapan neh mau suka sayuran hijau?

    eits ada singkatan baru MSK, huahahaa.. bagus juga ya.. ga kepikiran mau nyingkat begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, mba, buat Bubur Manado lagi. Heheheh

      Bubur Manado buatan saya kemarin, sayurannya sudah bisa saya makan, mba Monic. Tapi eh tapi waktu mengambil bubur dari panci, saya pilih-pilih yang tidak ada sayuran hijaunya, heheheh

      Hahaha..., itu bisa-bisanya saya aja, mba. Dapur Ima juga mau saya singkat jadi DI, hihihi....

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

Baking Powder dan Baking Soda