Roti India (Garlic Naan Bread)


Sejak bisa bikin Pizza sendiri, saya mulai sering bereksperimen membuat aneka roti di dapur. Pernah berpikir mau membuat Bakwan panggang tapi sampai sekarang belum pernah saya wujudkan.

Beberapa hari yang lalu, saya melihat resep Garlic Naan Bread atau Roti India di blog kesayangan saya, Monic's Simply Kitchen dan saya langsung jatuh cinta sama resep sederhana tersebut. Kebetulan semua bahannya tersedia di rumah, jadi kemarin saya pun mencoba membuatnya.

Seperti biasa, saya melakukan modifikasi resep lagi. Belum bisa berpindah ke lain hati soalnya dari resep andalan saya yaitu resep Adonan Pizzanya mba Rosi Meidina, apalagi resepnya beda tipis sama resep dari mba Monic. Terimakasih banyak saya ucapkan kepada mba Monic Dan mba Ochi (sapaan akrab mba Rosi di Facebook) atas resepnya. Sukses selalu buat mba berdua. Aamiin.

Berikut resepnya ya...

ROTI INDIA (GARLIC NAAN BREAD)

Bahan:
150 ml air hangat
1/2 sdm gula pasir
1 sdt ragi instan

250 g terigu protein sedang
1 sdt garam
1 sdt air jeruk nipis
1 sdm minyak goreng
3 siung bawang putih, haluskan

5 siung bawang putih, cincang
4 batang daun seledri, iris


Cara Membuat:
  1. Larutkan gula dengan air hangat dalam sebuah wadah/mangkuk cukup besar lalu tambahkan ragi dan aduk rata kemudian diamkan selama 5 sampai 10 menit.
  2. Masukkan terigu, garam, air jeruk nipis, minyak dan bawang putih halus ke dalam larutan ragi dan uleni sampai tidak lengket di permukaan wadah (masih sedikit lengket di tangan).
  3. Bulatkan adonan dan olesi sedikit minyak kemudian tutup wadah dan diamkan selama 30 menit.
  4. Campur bawang putih cincang dan seledri iris, sisihkan.
  5. Setelah 30 menit, kempiskan adonan dan bagi menjadi 6 bagian atau sesuai selera kemudian bulatkan kembali.
  6. Siapkan meja kerja (saya menggunakan loyang oven) dan wadah untuk adonan yang sudah dibentuk.
  7. Taburi loyang dengan terigu atau olesi sedikit minyak, lalu ambil satu bulatan adonan, gulingkan pada campuran bawang putih dan seledri sambil ditekan agar bawang dan seledrinya tidak terlepas dari adonan kemudian pipihkan dengan tangan atau digilas sampai tebal adonan sekitar 4mm (bentuk dan ketebalan roti sesuai selera ya, bisa bulat atau oval). Lakukan hal yang sama sampai adonan habis.
  8. Panaskan teflon dan masukkan satu adonan kemudian panggang dengan api kecil sampai bagian bawah roti kecoklatan lalu balik kemudian panggang lagi sampai matang. Lakukan hal yang sama sampai adonan selesai dipanggang. Matikan kompor.
  9. Roti India siap dihidangkan selagi hangat.

Mmmmm....., aroma bawang putihnya menggoda dan saya suka, saya suka. Toss dulu deh sama Sophie anaknya mba Monic yang juga doyan sama Roti India ini. Oi' dan Zahra malah tidak suka karena ada ijo-ijo dari seledrinya, heheheh. Padahal, mereka suka makan adonan Pizza tanpa tambahan apapun.

O iya, roti saya warnanya tidak secantik roti buatan mba Monic. Apa karena saya panggang tanpa minyak, resepnya tidak sama persis atau karena pengaruh cahaya dan jenis kamera ya? Entahlah. Mungkin karena fotografernya tidak profesional, hahahaha.

Nah, karena ketemu resep ini, saya tidak perlu lagi bereksperimen membuat Bakwan panggang. Soalnya bikin Roti India ini lebih praktis dan ekonomis, heheheh. Sekali lagi terimakasih banyak ya mba Monic atas resepnya. Semoga sehat dan bahagia selalu bersama keluarga tercinta. Aamiin.


Semoga resep yang saya bagikan hari ini bermanfaat dan sesuai selera ya....
Selamat mencoba. 😃

Komentar

  1. toss dulu sama Sophie... sama2 suka roti naan ini yeah...

    warnanya tidak sama mungkin karena beda cahaya he he he... dan mungkin karena tidak pakai minyak mba.. kalau tidak pakai minyak cenderung lebih pucat warnanya

    btw, terima kasih doanya mba Ima, semoga mba Ima juga senantiasa sehat ya, dan sembuh dari sakit segera... jadi bisa melakukan aktifitas lebih banyak lagi..amin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba. Heheheh

      Itu karena memang yang motret masih amatiran, mba. Hahahaha

      Terimakasih kembali, mba.
      Aamiin.

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

Baking Powder dan Baking Soda