Putu Bue Mandar


Hari ini saya akan berbagi info tentang camilan yang kemarin saya sebutkan ada di meja. Kue yang sangat manis, tidak bikin kenyang tapi bikin haus yang bernama Putu Bue.


Putu Bue atau putu kacang hijau adalah salah satu camilan khas Mandar yang terbuat dari kacang hijau yang diproses terlebih dahulu sampai menjadi tepung dan gula aren. Putu Bue mirip dengan Kue Satu, bedanya kue satu menggunakan gula pasir bukan gula aren atau gula merah.


Sampai saat ini Putu Bue masih dibuat secara tradisional. Setahu saya belum ada yang membuat Putu Bue dengan cara dipanggang dalam oven seperti kue satu, melainkan hanya dijemur saja sampai putu tersebut mengeras.


Saya sangat menyukai kue yang adonannya menggunakan gula merah, seperti Bolu Paranggi, ApangPutu Karoro', Putu Bue, dan lainnya. Tapi karena Putu Bue rasanya terlalu manis, saya biasanya hanya makan sedikit saja dan setelah manisnya hilang, saya makan lagi, heheheh.


Oh iya, tadi saya habis bikin kue, tapi besok aja saya tampilkan di sini InsyaAllah. Semoga tulisan singkat saya tentang Putu Bue kali ini bermanfaat.

Salam,
Dapur Ima

Komentar

  1. Wah...enak ini ada rasa kacang ijonya. Mirip kue satu ya mba rasanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba Rini. Rasanya memang enak tapi Terlalu manis mba.

      Di sini tidak tidak ada kue satu, mba. Saya bahkan belum pernah melihatnya secara langsung. Tahunya ya dari internet.

      Hapus
  2. Kayaknya karena rasanya terlalu manis, yang cocok ditemenin teh pahit ya, Mbak Ima?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, mba Eva. Mungkin kue ini lebih pas dinikmati dengan teh pahit. 😃

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih banyak telah berkunjung dan membaca tulisan di Dapur Ima, semoga bermanfaat. Khusus bagi komentar yang tidak sesuai dengan topik, mohon maaf karena saya akan menghapusnya.

Paling Banyak Dibaca

Baking Powder dan Baking Soda